16 Manfaat Madu untuk Kesehatan

16 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Sumber: Google

Manfaat madu untuk kesehatan- Siapa sih yang gak kenal madu, cairan kental dengan rasa manis ini memiliki banyak sekali manfaat. Madu asli diproduksi dari alam, lebih tepatnya dibuat oleh lebah madu dari nektar bunga. Karena hal itulah madu disebut sebagai produk alam yang sangat alami. Karena alami, madu murni tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk untuk tubuh.

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa madu biasa digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan, kesehatan, makanan dan lain-lain. Namun tahukah kamu mengapa madu banyak digunakan sebagai bahan produk kesehatan? Tentu saja karena manfaatnya dalam menyembuhkan dan mengatasi segala macam gangguan dan penyakit. Bahkan Alquran menyebutkan madu sebagai obat penyembuh untuk menyembuhkan manusia (QS. An-Nahl). Lantas apa saja manfaat madu untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui beberapa manfaat madu untuk kesehatan.

1. Menangkal dan Menetralisir Radikal Bebas

Apa itu radikal bebas? radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan pasangannya, mudahnya radikal bebas itu adalah sesuatu yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Nah kandungan dalam madu ini kaya akan antioksidan yang merupakan lawan dari radikal bebas, sehingga madu mampu menangkal radikal bebas dari luar dan menetralisir radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh.

2. Menangkal dan Menyembuhkan Penyakit Ringan Tanpa Obat

Tahukah kamu bahwa sebenarnya tubuh kita memiliki cara sendiri untuk menyembuhkan dirinya tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan kimia yang memiliki efek samping tidak baik. Namanya sistem imun, tugasnya menangkal penyebab-penyebab terjadinya penyakit dan melawan penyebab penyakit yang sudah masuk dalam tubuh. Nah madu dapat meningkatkan sistem imun tersebut dengan kata lain madu dapat membantu sistem imun untuk menangkal dan menyembuhkan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memiliki penjaganya sendiri misalnya bakteri baik dalam usus, nah madu mengandung prebiotik kuat yang dapat memelihara bakteri baik dalam usus. Selain itu, madu ini dipercaya dalam mengatasi penyakit pencernaan seperti maag, asam lambung, tukak lambung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Meredakan Sakit Tenggorokan

Tahukah kamu bahwa zat penyembuh dalam madu mengandung sejumlah besar vitamin, mineral, dan protein imun yang bisa mengatasi sakit tenggorokan. Untuk mengatasi sakit tenggorokan ini kamu hanya perlu mengonsumsi madu secara langsung.

5. Mengatasi Insomnia dan Membuat Tidur Nyenyak

Madu bisa mengatasi masalah susah/sulit tidur (insomnia) dan menyenyakkan tidur, bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengonsumsi sedikit madu sebelum tidur, dijamin tidurmu akan nyenyak.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kandungan dalam madu dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati dan bakteri sehingga konsumsi madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi madu sebelum tidur tidak hanya dapat menyenyakkan tidur tetapi juga mampu mencegah tekanan darah tinggi. Itu karena antioksidan tinggi yang terkandung dalam madu efektif dalam menurunkan tekanan darah.

8. Menjaga Kadar Kolesterol

Konsumsi madu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol dalam darah akan terjaga.

9. Menurunkan Kadar Trigliserida Tinggi

Konsumsi madu secara rutin terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam tubuh. Bagi yang tidak tahu, trigliserida adalah lemak yang disimpan untuk cadangan energi, tetapi kadar trigliserida yang terlalu tinggi akan meningkatkan resiko terkena penyakit stroke dan jantung.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang sudah diketahui bahwa madu kaya akan antioksidan, dimana antioksidan ini bisa mencegah pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh termasuk kanker. Dengan kata lain konsumsi madu secara teratur akan menurunkan resiko terkena kanker.

11. Mengurangi Resiko Diabetes

Madu memiliki rasa yang sangat manis, namun siapa sangka meskipun rasanya sangat manis madu ternyata bisa mengurangi resiko diabetes. Penderita diabetes juga bisa mengganti gula dengan madu sebagai pemanis.

12. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Madu memiliki efek detoksifikasi pada tubuh. Sehingga mengonsumsi madu secara rutin dan teratur bisa membersihkan racun-racun dalam tubuh.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Madu mengandung senyawa fitonutrien yang mampu melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Bagi yang tidak tahu, aterosklerosis adalah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Jadi konsumsi madu secara rutin dapat membantu menyehatkan jantung.

14. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Mengingat kandungan dari madu yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan senyawa-senyawa lainnya, konsumsi madu secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran pernapasan dan dapat mencegah kambuhnya asma bagi penderita asma.

15. Mengobati Segala Macam Penyakit

Madu dengan kandungan-kandungan ajaibnya mampu mengobati segala macam penyakit mulai dari penyakit ringan seperti batuk dan pilek hingga penyakit berat seperti asma dan penyakit berat lainnya.

16. Menyehatkan Mata

Siapa sangka bahwa madu bisa menjaga kesehatan mata, konsumsi madu secara rutin dapat menyehatkan mata dan membantu mengatasi gangguan ringan pada mata seperti iritasi.

Biasanya untuk memperkuat khasiat dari madu kita bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti jahe, kunyit, temulawak, jeruk nipis, atau bahan-bahan lainnya yang mungkin sesuai dengan khasiat yang diinginkan.

Nah itu dia bahasan seputar madu dan manfaatnya untuk kesehatan. Sekian dari pulmofit.id, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan